Monday, July 25, 2011

Musisi Dunia yang meninggal di usia 27 tahun

Berita meninggalnya artis jazz asal Inggris, Amy Winehouse baru-baru ini mengingatkan kita pada musisi-musisi dunia yang secara kebetulan meninggal pada usia yang sama, 27 tahun. Mereka meninggal pada era keemasan mereka. Popularitas dan karir musik yang cemerlang tak mampu membawa mereka keluar dari jeratan alkohol, drugs, dan kebiasaan buruk lain mereka yang berujung pada kematian. Siapa sajakah musisi yang masuk ke dalam Club 27 tersebut :

1. Amy Winehouse

Musisi wanita berbakat dari Inggris yang memiliki nama lengkap Amy Jade Winehouse ditemukan tewas di rumahnya, di Camden, London pada 23 Juli 2011 pukul 4 sore waktu setempat. Meski penampilannya urakan dan dikenal sebagai pecandu alkohol dan obat-obatan terlarang, penyanyi yang telah merelese 2 album (Frank dan Back to Black) ini tercatat sebagai musisi wanita pertama,  yang  menyabet 5 penghargaan Grammy Award dalam satu malam (dari 6 nominasi), 3 diantaranya termasuk 4 kategori yang paling bergengsi pada ajang tersebut (Best New Artist, Record of the Year, & Song of the Year) pada tahun 2006. Pada Febuari 2007 Amy Winehouse kembali mendapat penghargaan di ajang bergengsi di Inggris, BRIT Award sebagai Best British Female artist. Amy Wine house seorang musisi beraliran Jazz & Blues yang berkarakter dan memiliki pengaruh terhadap industri musik di Inggris. Hingga postingan ini diterbitkan penyebab kematiannya masih simpang siur. RIP Amy.


2. Kurt Cobain

Musisi yang memiliki nama lengkap Kurt Donald Cobain adalah pendiri dan Vocalis band legendaris beraliran "grunge", "Nirvana". Kurt ditemukan tewas pada 4 April 1994, di rumahnya , di Seattle dalam keadaan menggenaskan. Kepalanya hancur akibat tembakan senapan yang yang di arahkan ke mulutnya. Di sebelah mayatnya terdapat secarik surat yang ditujukan kepada istrinya yang juga seorang musisi, Courtney Love. Spekulasi ada yang menyebutkan, Kurt meninggal akibat Overdosis, berhalusinasi lalu menembakan dirinya. Namun ada juga spekulasi lain mengatakan Kurt telah dibunuh. Hingga kini miteri kematian Kurt Cobain belum terjawab, namun terlepas dari misteri kematiannya Kurt adalah seorang musisi yang cerdas, kehadiran Kurt telah menandai revolusi musik Rock conventional ke arah musik Rock alternative Modern pada akhir 1980an dan awal 1990an. Penjualan albumnya di Amerika mencapai lebih dari 25 juta album, dan mencapai lebih dari 50 juta album terjual di seluruh dunia.


3. Jimi Hendrix


James Marshal Hendrix adalah nama aslinya. Ia dikenal sebagai Gitaris Legendaris yang berasal dari Amerika. Pada jamanya ia merupakan gitaris yang  sangat berpengaruh yang menganut berbagai aliran musik yang membuatnya dianugrahi berbagai penghargaan bahkan meski Ia telah tiada. Karya-karya Jimi tidak tidak lekang dimakan jaman yang hingga kini tetap di kenang. Sama seperti Kurt Cobain kematian Jimi pada 18 September 1970 hingga kini masih meninggalkan misteri. Ia juga dikenal dekat dengan dunia alkohol dan obat-obatan terlarang.




4. Jim Morisson


Vokalis grup band Rock,"The Doors" ysng memiliki nama lengkap James Douglas Morisson ditemukan tewas di apartemen sewaanya di Paris pada 3 Juli 1971. Mayatnya tergeletak di dalam Buth Up dengan ceceran darah di sekitarnya. Spekulasi kematiannya mengatakan, Ia telah tewas karna overdosis, namun faktanya setelah kematiannya Ia tidak pernah di otopsi yang hingga hari ini masih menjadi misteri. Sosok Jim Morisson memang dikenal denga kehidupan Sex bebas, alkohol, dan obat-obatan terlarang namun wajah yang tampan menjadi salah satu modalnya  menjadi musisi yang berkarakter dan memiliki pengaruh terhadap perkembangan musik pada jamannya. Jim dikenal sering menyisipkan puisi-puisi indah di setiap perfomance nya.




5. Janis Lyn Joplin


Janis Joplin Lyn  adalah seorang penyanyi, penulis lagu, pelukis, penari dan arranger musik asal Amerika. Dia menjadi terkenal di akhir 1960-an sebagai vokalis Big Brother dan Holding Company dan kemudian sebagai artis solo dengan kelompok-kelompok dukungan, The Kozmic Blues Band dan The Full Tilt Boogie Band. Pada puncak karirnyaia dikenal sebagai Ratu Rock and Roll serta Ratu Jiwa Psychedelic. Majalah Rolling Stone di menempatkan Joplin di peringkat 46 pada daftar dari 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa pada tahun 2004, dan nomor 28 tahun 2008 daftar dari 100 Singers Greatest of All Time. Joplin ditemukan tewas pada 4 Oktober 1970 dikarenakan overdosis heroin dan alkohol


6. Brian Jones

Lewis Brian Hopkins Jones (28 Februari 1942 - 3 Juli 1969) dikenal sebagai pendiri The Rolling Stones instrumen utamanya adalah gitar namun ia juga pintar memainkan berbagai alt musik, ia pun pintar menggunakan alat musik tradisional seperti  sitar dan marimba. Pada awalnya Jones adalah pemimpin kelompok The Rolling Stone, namun figur Mick Jagger dan Keith Richards segera menyainginya dirinya, terutama setelah mereka meraih kesuksesan dalam karir musik mereka. Ketika Jones semakin terjebak dengan pemakaian obat-obatan terlarang selama bertahun - tahun  perannya dalam band terus berkurang. Dia meninggalkan Rolling Stones pada bulan Juni 1969 untuk digantikan oleh gitaris Mick Taylor. Kurang dari satu bulan Jones ditemukan meninggal di kolam renang pribadi di rumahnya sendiri.




Daftar 6 musisi di atas memang sulit di percaya, secara kebetulan mereka tewas di usia 27 tahun, kematian mereka semua di sebabkan akibat alkohol dan obat-obatan terlarang, meski tidak semua penyebab kematian mereka dipublikasikan secara resmi. Namun karya,kenangan dan pengaruh mereka terhadap perkembangan musik di dunia tetap dikenang dan diingat hingga kini

sumber  :  Yahoo dan Wikipedia



000

No comments:

Post a Comment